Terpaksa jadi guru -4-


—part 3. Zainul Firdaus

Di kelas XI APK hidup seorang murid yang sangat luar biasa. Dia sangat sulit dididik. Namanya Zainul Firdaus. Suatu hari ada razia rambut oleh pak Edi. Kebetulan waktu itu sedang pelajaranku.

Ada empat orang yang kena potong petal –potongan yang disengaja sembarangan biar jelek- salah satunya Firdaus.

Dia benar-benar diluar batas biasa. Tiga orang korban hanya merasa malu dengan model rambut terbaru mereka. Tetapi bagaimana dengan Firdaus? Dia marah-marah, mengomel, mengeluarkan kata-kata kasar tak karuan. Aku hanya merasa sedih melihatnya. Aku juga tidak tahu bagaimana latar belakangnya.

“Mas, kamu itu loh anak kelas berapa?” aku menyindirnya. “Wong cuma begitu saja kok tingkahmu segitunya? Yang lain kan baik-baik saja.”

Mendengar sindiranku dia tidak berubah malah mukanya tambah merah.

Lalu beberapa hari yang lalu di saat aku mengajar, Firdaus tidak bisa diam. Dia ribut mengajak curhat teman di sebelahnya.

Kusuruh dia ke depan pindah tempat duduk di depan sendirian.

Tapi dia tetap tidak mau diam. Aku kesal padanya. Lalu kubilang dengan nada yang dingin, “Mas, kalau kamu sudah pintar tidak usah ke sekolah. Kerja sana! Biar dapat uang yang banyak! Kalau kamu tidak bisa matematika, jadi pengusaha sekalipun, –dulu dia pernah bilang padaku bahwa cita-citanya ingin jadi pengusaha karena dia tidak ingin diatur- kamu bisa bangkrut!”

Teman-temannya tertawa.

“Iya iya Bu.” Jawabnya lalu diam.

About Dyah Sujiati

Tentang saya?! Seperti apa ya? Entahlah. Kalau saya yang nulis, pasti cuma yang baik-baik saja. Dan itu sulit dipercaya. ;) *Tapi harus percaya kalau saya seorang bloger yang tidak punya facebook*
This entry was posted in Hikmah and tagged . Bookmark the permalink.

Thanks For Read :)

