Jalannya masuk angin lagi

dua hari yang lalu aku dalam perjalanan dari Purwokerto usai melihat keponakanku.
sebenarnya cukup menarik untuk diceritakan tapi aku malas mengetik saat ini. mudah-mudahan lain waktu bisa menceritakannya.

meminjam istilah kakak kelasku dulu saat aku di Jakarta bersamanya saat kami melewati ruas jalan yang dikerok -diperbaiki-, dia mengatakan padaku, ” E Di, jalannya masuk angin mulu ya? tiap hari dikerokin.”

seperti yang terjadi waktu itu, dua hari yang lalu aku melewati jalur pantura. Semarang-Surabaya. tepatnya di wilayah kabupaten Pati, jalanan memjadi macet. hampir tiga jam kemacetan yang kualami.

aku kasihan melihat jalanan diperbaiki, dia justru nampak seperti sedang didholimi. masih bagus, dipukul-pukul, dihancur-hancurkan dan seterusnya.

“Ya itu lah mbak akibat kalau anak sekolah gak bener. sekolah cuma nyari nilai sedang kerjanya cuma main-main.” kata seorang di sampingku

“Maksudnya Pak?”

“ya karena dulu dia sekolahnya tidak benar maka ilmu yang dia dapat juga tidak sesuai dengan yang diharapkan. meskipun dia nampak sebagai orang sukses, dia lalu bilang,’buat apa sekolah rajin-rajin. aku dulu sekolah asal berangkat sekarang aku jadi pegawai.’, akan tetapi sesungguhnya dia tidak mampu melakukan pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya. itu buktinya” katanya sambil menunjuk orang-orang yang mendholimi jalan. “hasil pekerjaan mereka tidak bagus, menghabiskan banyak uang negara, merugikan orang lain. bagaimana pun, anak yang dulu sekolahnya sungguh-sungguh pasti akan menjadi orang yang berbeda dengan yang asal-asalan.”

aku hanya diam sambil tersenyum. “Benar juga ya?” kataku dalam hati

-lain waktu akan kuperbaiki tulisan ini agar menjadi lebih enak dibaca. saat ini aku berharap apa yang disampaikan orang itu bisa diketahui orang lain. karena itu memang benar adanya.

About Dyah Sujiati

Tentang saya?! Seperti apa ya? Entahlah. Kalau saya yang nulis, pasti cuma yang baik-baik saja. Dan itu sulit dipercaya. ;) *Tapi harus percaya kalau saya seorang bloger yang tidak punya facebook*
This entry was posted in Menu Motivasi and tagged . Bookmark the permalink.

4 Responses to Jalannya masuk angin lagi

  1. betul betul betul….betul bgt, sesuai dengan apa yg di raih biasanya semakin org tsbber akhlak dan bermoral pasti bekerja lebih bertanggung jawab krena takut dengan Tuhannya dan apa yg musti dipertanggung jawabkan atas amanah kerjanya itu,, dibanding dg org yg asal kerja dan asal mendapat uang

  2. onezonemine says:

    itu juga sekaligus membantah opini banyak orang tentang sekolah yang penting hanya dapat ijazah. terkadang -beberapa kali saya jumpai- orang yang memang sukses saat ini dan dulunya sekolah hanya main-main, mereka dengan bangga memamerkan kenakalannya dulu lalu menghina temannya yang dulu rajin dan sekarang masih ‘diuji’ secara ekonomi

  3. desthaonly says:

    dtunggu kisah d pwtnya, terutama setting latar tempatnya😀

  4. onezonemine says:

    Hayya mbak? ini kisah di PWt ya dulu, yang kemarin itu, ai siaran aja lah ya? lebih seru! Haha

Thanks For Read :)

