Lagi-Lagi Soal Facebook

Membicarakan Facebook di tahun 2011 rasanya seperti membicarakan makanan yang sudah hampir basi. Facebook menjadi tren perbincangan banyak orang sekitar tahun 2007 sampai dengan 2009. Tahun 2010 pun sudah jarang dibicarakan. Jadi kalau 2011 ini masih membicarakannya kok rasanya udik ya? -Berarti saya juga termasuk?-
Terlepas dari pro-kontra Facebook yang sempat meramaikan Indonesia beberapa waktu yang lalu, -Orang Melayu itu latah ya? Facebook aja dibikin ribet. Berarti saya juga termasuk?- saya bukan bagian dari kelompok pro maupun kontra. Tapi saya memang sengaja tidak membuat akun itu. Alasan saya sederhana, hemat.
Maka bagi saya, terserah orang mau buat atau pun tidak, itu bukan urusan saya. Toh tidak punya Facebook bukan berarti saya orang yang gaptek. Tapi sayang beberapa kali sayang, ketika saya tidak memiliki akun di Facebook, saya harus menjadi korban dari orang-orang yang euforia gara-gara Facebook.
Setiap kali ada orang yang menanyakan akun Facebook pada saya dan kemudian mereka tahu bahwa saya tidak memilikinya sedangkan mereka punya, maka serentak waktu itu juga tatapannya pada saya berubah menjadi tatapan yang sinis dan selalu dilanjut pernyataan-pernyataan yang menjustifikasi saya seolah-olah saya adalah orang yang kolot, jahat, dan ngotot. Bukankah dulu yang selalu menggema adalah pernyataan bahwa Facebook itu tergantung cara memanfaatkannya dan tergantung orangnya? Lalu kenapa orang-orang yang saya temui itu bersikap seperti itu pada saya? Saya tidak tahu. Sebab di lain sisi, saya sebagai bukan pengguna, saya tidak melarang orang menggunakan Facebook atau membenci mereka atau menuduh mereka yang tidak-tidak.
Sering sekali, terutama kalau secara tidak sengaja saya bertemu dengan teman SMP atau SMA saya kemudian mereka bertanya alamat Facebook saya. Ya saya jawab saja, “Aku gak punya.” Tapi tahukah apa yang terjadi selanjutnya? Rata-rata mereka langsung berkata dengan nada sinis seperti ini pada saya, “Ah Facebook sih tergantung siapa yang pakai. Setiap orang punya hak kan? Bla bla bla.”
Loh? Saya kan juga punya hak? Saya ya jadi malas. Saya bosan merespon pernyataan orang-orang itu. Saya diam saja. -Meski dalam hati ya gondok
Benar-benar mengganggu ya? Baru pertama kali bertemu saja langsung berkesan tidak enak hanya gara-gara Facebook. Kalau boleh aku menyarankan, jika kawan-kawan baru berkenalan dengan orang, janganlah tanyakan tentang alamat Facebooknya kalau kalian tidak siap mendengar jawaban ‘tidak’. Atau kalau tetap bertanya dan mendapat jawaban ‘tidak’, ya hargailah orang itu dengan pilihannya.
Semenjak Facebook dikenal orang-orang Indonesia sampai saat ini, baru ada satu orang yang bertanya pada saya soal Facebook dan mendapat jawaban ‘tidak’ dari saya sedangkan dia sendiri pengguna Facebook, yang bisa menerima saya seperti itu dengan ikhlas. Saya akan selalu mengenangnya. (Wallah mengharukan sekali? Ya harap maklum, dari sekian banyak orang cuma ada satu, jadi ya berkesan, )
Bukan hanya saya. Beberapa teman saya yang bukan pengguna Facebook pun mengalami nasib yang sama dengan saya. Nah kalau seperti ini, sebenarnya siapa yang bermasalah?

About Dyah Sujiati

Tentang saya?! Seperti apa ya? Entahlah. Kalau saya yang nulis, pasti cuma yang baik-baik saja. Dan itu sulit dipercaya. ;) *Tapi harus percaya kalau saya seorang bloger yang tidak punya facebook*
This entry was posted in Menu Motivasi and tagged , , . Bookmark the permalink.

3 Responses to Lagi-Lagi Soal Facebook

  1. ilmi83 says:

    aku nggak punya akun fb, kurang penting bagiku. enak mp,

  2. meandmystory says:

    aku punya fb hanya untuk keperluan keep list contact teman2 sekolah, famili, rekan kerja, kolega dan sejenisnya supaya mudah jika sewaktu2 membutuhkan, tidak perlu mencatat nomor hp hehe.. tapi di luar itu, membatasi diri menggunakannya..🙂

Thanks For Read :)

