Waspada ‘Gerakan Sekali Bilas’!

Sebenarnya, saya sudah pernah menulis tentang hal ini waktu kuliah dulu. Sekitar tahun 2009 ketika saya menjadi pengisi buletin ROHIS. Ketika itu masih begitu hits-nya ‘gerakan sekali bilas’. Kita pasti ingat siapa/merck pionir pencetus gerakan sekali bilas. Waktu itu saya mempridiksi bahwa produk tersebut -baca produk untuk sekali bilas- akan diikuti oleh produsen lain. Dan benar, tak lama setelahnya muncul beberapa produk sekali bilas merek lain.

Sholat adalah amalan pertama yang akan dihisab kelak di hari perhitungan. Kasarnya, jika sholat kita lolos maka amalan yang lain akan ikut diperhitungkan. Itu artinya, jika ingin amalan-amalan yang tetap dihisab maka kita harus membuat sholat kita bernilai ‘sah’. Sedangkan kita tahu bahwa salah satu syarat sah sholat adalah suci dari hadas dan najis baik badan, pakaian, maupun tempat.

Bersih belum suci. Kita mengenal ada tiga macam tingkatan najis. Najis ringan, sedang , dan berat. Najis ringan, tidak masalah. Cukup dibasuh sekali sudah suci. Untuk najis sedang harus dibasuh 3 kali. Sementara najis yang ada di sekitar kita sebagian besar adalah najis sedang. Misal tembelek cicak, ompol anak-anak, dan lain-lain. Kotor belum tentu najis, misal makanan yang tumpah bukan merupakan najis.

Kembali ke sholat. Sholat adalah komunikasi langsung antara seorang hamba dengan Allah. Jika pakaian yang dikenakan tidak suci, maka salah satu syarat sah sholat tidak terpenuhi. Jika sholat tidak salah, bisa disimpulkan sendiri apa effeknya.

Oleh karena itu, dalam sholat pakaian yang kita kenakan haruslah suci. Memang adanya prosuk sekali bilas jadi memudahkan pekerjaan kita. Namun meski kita sadari, bahwa sebagai muslim tentunya kita harus memperhatikan kebersihan dan kesucian pakaian kita. Maka akan lebih mententramkan ketika kita memakai produk sekali bilas tetap membilas 3 kali.

Wallahu’alam bis showab.

About Dyah Sujiati

Tentang saya?! Seperti apa ya? Entahlah. Kalau saya yang nulis, pasti cuma yang baik-baik saja. Dan itu sulit dipercaya. ;) *Tapi harus percaya kalau saya seorang bloger yang tidak punya facebook*
This entry was posted in Menu Motivasi and tagged . Bookmark the permalink.

2 Responses to Waspada ‘Gerakan Sekali Bilas’!

  1. matahari_terbit says:

    aku juga nek nyuci minimal 3x bilas meski nggo pewangi sing muni sekali bilas.. haha

    • Dyah Sujiati says:

      iya, memang harusnya demikian Mbak.
      mungkin ini juga bagian dr konspirasi. mereka ingin menjauhkan umat muslim dari Allah dg cara yang sangat halus, yaitu membuat ibadah muslim tidak memenuhi syarat sah -___-

Thanks For Read :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s