111 KONSPIRASI MENGHEBOHKAN DUNIA

Ini bukan review sebuah buku.


Inilah kehebatan sebuah judul. Mampu menarik minat pembaca sekali lihat. Melihat judulnya sekilas, saya langsung penasaran dengan buku tersebut. Saya amati lebih jauh. Saya baca keterangan-keterangan lainnya.

111 Konspirasi Menghebohkan Dunia.

  • kontroversi Obama
  • Bencana Tsunami di Aceh
  • Serangan Flu Babi
  • Misteri 11 September 2001

Bukankah peristiwa-peristiwa di atas adalah peristiwa besar yang menjadi banyak pembicaraan media dan memang berdampak cukup nyata pada kehidupan sesungguhnya? Baik dari segi ideologi, politik, apalagi ekonomi.
Menarik untuk dibaca. Saya amati desain kovernya pun cukup bagus. Meski saya tidak begitu mengerti siapa laki-laki yang di pojok bawah itu. Saya pun melihat sampul belakang.

“Apakah bencana Tsunami di Aceh murni peristiwa Alam ataukah sebenarnya rekayasa Amerika?
Apakah flu babi sebenarnya cara licik untuk meraup keuntungan oleh perusahaan farmasi global ataukah sebentuk bioterorisme yang dikendalikan oleh Al-Qaeda?”

Hmmm, semakin membuat orang penasaran.

–***–

Ceritanya, kemarin sore itu saya mampir ke toko buku dan menemukan buku tersebut. Dengan girang, saya pun membelinya dan dengan sangat bersemangat tak sabar ingin membaca buku tersebut.

Sore itu saya bersama teman. Melihat saya membeli buku itu, teman saya pun penasaran. Ujung-ujungnya kami membicarakan masalah ‘konspirasi dunia’ terutama tema yang ada di kover buku itu. Dan penuh semangat saya menceritakan ini itu kepadanya. #hadeuh

Dia pun jadi heran dan merasa ‘wah ternyata ya konspirasi itu?’ Dia juga jadi tertarik untuk berdiskusi lebih jauh hal-hal lain terkait konspirasi dunia. Kami serius berdiskusi sepanjang jalan sampai rumahnya.

Tiba di rumahnya, saya buka buka buku itu. Saya acak membuka halaman dengan asal. Halaman 59 Bab 18. Kematian Bruce Lee.

“Lhoh? Kenapa ada Bruce Lee? Dia kan aktor film? Apa hubungannya dengan konspirasi?” pikir saya.

Saya membaca ceritanya bahwa kematian Bruce Lee ada berbagai versi. Diantaranya, kecelakaan, diracun gurunya, dibunuh mafia lantaran tidak mau membayar uang keamanan, dibunuh mafia Hollywood yang ditolaknya tawaran main film, dan yang lebih konyol lagi adalah dibunuh pelacur. Bahkan narasi versi pelacur tersebut amatlah konyol.

Saya pun jadi berfikir, “Buku ini aneh? :-?”

Saya teruskan membaca bab Lain tentang mobil. Astaga! Lebih aneh dari Bruce Lee.

“Lho mbak? Buku ini kok aneh sihhh?” teriak saya pada teman saya sambil membuka-buka halaman yang lain. Dan saya menemukan tulisan ini di bagian awal. Halaman v


CATATAN PENTING

Teori konspirasi dalam buku ini hanyalah sekedar teori belaka. Editor dan penerbit tidak mengklaim bahwa teori-teeori yang tersaji memiliki rujukan pada fakta. Teori kospirasi dalam buku ini hanya teori-teori yang dalam kadar tertentu yang dituangkan di ruang publik. Teori tersebut telah diolah kembali dengan tujuan hiburan semata dan tidak dimaksudkan untuk dipaahami secara harfiah.


Gubbraaaaaakkkkk! Ya ampun pantaslah isinya begitu.

Memang kekuatan sebuah judul itu sangat diperlukan.

Dan meski demikian, membaca keseluruhan isi buku tersebut tetaplah memberi kita wawasan baru. Bahkan bisa jadi sebenarnya adalah fakta yang sengaja dikemas demikian (lucu) oleh penulis, untuk membuka wawasan baru bagi pembaca. Khususnya untuk ‘peristiwa-peristiwa besar’ yang terjadi akhir-akhir ini. Atau agar buku itu tidak lekas hilang dari pasaran sebagaimana buku-buku tentang konspirasi yang pernah ada.

Bab dalam buku ini ‘lompat-lompat’. Sebagian besar Bab yang bercerita tentang kejadian besar yang benar-benar terjadi bukanlah cerita kekonyolan semata. Melainkan fakta. Buku ini sepertinya sengaja disusun ‘lompat-lompat’ untuk menyajikan informasi penting yang benar-benar merupakan konspirasi dunia yang diselingi dengan humor yang konyol. Buku ini recomended untuk dibaca. Lucu, ringan, tapi bermutu.

Sayangnya buku itu tidak memberi sedikit pun keterangan tentang penulis yang bernama Jamie King. Pun buku tersebut juga tidak memberi semacam daftar pustaka sebagai rujukan.

Dan saya pun mengerti maksud gambar laki-laki yang nampak iseng di pojok bawah.

*tulis ‘Q33NY’ di MS Word dengan tipe huruf ‘Wingdings’ dan perhatikan.

About Dyah Sujiati

Tentang saya?! Seperti apa ya? Entahlah. Kalau saya yang nulis, pasti cuma yang baik-baik saja. Dan itu sulit dipercaya. ;) *Tapi harus percaya kalau saya seorang bloger yang tidak punya facebook*
This entry was posted in Pengetahuan Umum and tagged , , . Bookmark the permalink.

20 Responses to 111 KONSPIRASI MENGHEBOHKAN DUNIA

  1. onezonemine said: tulis ‘Q33NY’ di MS Word dengan tipe huruf ‘Wingdings’ dan perhatikan

    Old hoax. Some prankster claimed that Q33NY is the flight number of one of the aircraft that hit the WTC in 9/11 incident. It’s been debunked. There is no such flight number.

  2. onezonemine says:

    edwinlives4ever said: Old hoax. Some prankster claimed that Q33NY is the flight number of one of the aircraft that hit the WTC in 9/11 incident. It’s been debunked. There is no such flight number.

    Haha iye memang. And its book also said the same thing with you, Sir, hehee

  3. justwik says:

    edwinlives4ever said: Old hoax. Some prankster claimed that Q33NY is the flight number of one of the aircraft that hit the WTC in 9/11 incident. It’s been debunked. There is no such flight number.

    Kita tahu bahwa ada satu konspirasi jahat di balik tragedi WTC, bukan bearti kita harus “memaksa” untuk mengaitkan berita gak bener (Q33NY) dengan konspirasi itu kan….Pembohongan massal…..

  4. onezonemine says:

    justwik said: Kita tahu bahwa ada satu konspirasi jahat di balik tragedi WTC, bukan bearti kita harus “memaksa” untuk mengaitkan berita gak bener (Q33NY) dengan konspirasi itu kan….Pembohongan massal…..

    Yapz bentulQ33ny ntu cuma aku iseng aja mbak, buat intermezo, makanya kubuat miring.. hehe

  5. justwik says:

    onezonemine said: Yapz bentulQ33ny ntu cuma aku iseng aja mbak, buat intermezo, makanya kubuat miring.. hehe

    Bisa jadi kita jadi korban konspirasi,Hhmm….

  6. onezonemine says:

    justwik said: Kita tahu bahwa ada satu konspirasi jahat di balik tragedi WTC, bukan bearti kita harus “memaksa” untuk mengaitkan berita gak bener (Q33NY) dengan konspirasi itu kan….Pembohongan massal…..

    q kutipkan ya,”… peristiwa 9/11 telah memicu munculnya teori-teori lain yang cukup aneh. Sebagai contoh, teori kinspirasi huruf ‘Wingdings’ menuduh Microsoft turut terlibat dalam beberapa hal. … Padahal tidak demikian adanya. Kendati demikian, pemganut teori ini tetap ngotot … “Hal 11-12

  7. onezonemine says:

    justwik said: Bisa jadi kita jadi korban konspirasi,Hhmm….

    Tanpa kita sadari dan mungkin berat untuk mengakuinya, hal itu mungkin memang demikian benar adanya #halah apa deu

  8. justwik said: Bisa jadi kita jadi korban konspirasi,Hhmm….

    Ooo… buku hiburan🙂

  9. onezonemine says:

    fightforfreedom said: Ooo… buku hiburan🙂

    Iya Pak,Tapi ya itu, tetep informatif yang sengaja dikemas dalam bentuk humor. Bisa buat tambahan koleksi Njenengan juga bisa Pak, hehehe#buktibahwapromosibecamehorizontal, haha

  10. nengconny says:

    fightforfreedom said: Ooo… buku hiburan🙂

    ana ada buku juga tentang konspirasi…konspirasi lady diana. tentang konspirasi amerika terhadap kematian lady diana

  11. onezonemine says:

    nengconny said: ana ada buku juga tentang konspirasi…konspirasi lady diana. tentang konspirasi amerika terhadap kematian lady diana

    Hehe, banyak kemungkinannya ukh..

  12. peripathian says:

    nengconny said: ana ada buku juga tentang konspirasi…konspirasi lady diana. tentang konspirasi amerika terhadap kematian lady diana

    Kudunya itu kata2 ‘hanya rekayasa semata’ ditulis di bawah judul di sampulnya ya wkwkwk

  13. timurcahaya says:

    nengconny said: ana ada buku juga tentang konspirasi…konspirasi lady diana. tentang konspirasi amerika terhadap kematian lady diana

    penonton kecewa dung…. biasanya aku udah ga percaya dengan judul-judul yang bombastis begitu

  14. onezonemine says:

    peripathian said: Kudunya itu kata2 ‘hanya rekayasa semata’ ditulis di bawah judul di sampulnya ya wkwkwk

    Hahaha. Tapi kalau ada itu gak jadi bikin penasaran Pak. Apalagi di toko buku yang tidak diizinkan membuka plastik sampulnya😦

  15. onezonemine says:

    timurcahaya said: penonton kecewa dung…. biasanya aku udah ga percaya dengan judul-judul yang bombastis begitu

    Hahaha, mangkanya saya teriak-teriak itu Pak.Tapi setelah dibaca, asyik juga kok. Apalagi yang ceritanya konyol-konyol, hehehe

  16. timurcahaya says:

    onezonemine said: Hahaha, mangkanya saya teriak-teriak itu Pak.Tapi setelah dibaca, asyik juga kok. Apalagi yang ceritanya konyol-konyol, hehehe

    aku malah pernah ketipu dengan buku ilmiah yang mahal…ternyata isinya banyak copy paste tanpa mengikutsertakan sumber…. padahal nama depannya Prof…. nangis aku…hehehee

  17. onezonemine says:

    timurcahaya said: aku malah pernah ketipu dengan buku ilmiah yang mahal…ternyata isinya banyak copy paste tanpa mengikutsertakan sumber…. padahal nama depannya Prof…. nangis aku…hehehee

    Hahahaa *upz!Za ampun Pak, tega bener itu ya si Prof.. -___-#turut kecewa

  18. nengconny says:

    onezonemine said: Hehe, banyak kemungkinannya ukh..

    allahualam🙂

  19. domain says:

    I’m impressed, I must say. Seldom do I come across a
    blog that’s both educative and interesting, and without a doubt, you have
    hit the nail on the head. The issue is something which not enough folks are speaking intelligently about.

    Now i’m very happy that I stumbled across this in my hunt for something relating to this.

Thanks For Read :)

