(Lagi-lagi) Ini Soal Jodoh

Setelah saya berfikir cukup lama, saya tidak menemukan kata yang pas yang semakna dengan ‘jodoh’. Jodoh itu menurut saya berarti pertemuan yang menjadikan cocok, pas, dan tepat. Kebanyakan orang memang lebih sering mengaitkan kata ‘jodoh’  ini dengan pasangan hidup.

Tapi dalam banyak hal, jodoh itu berarti luas sekali. Contoh kalau sakit berjodoh dengan dokter A, kalau selain dokter A yang mengobati, tak sembuh-sembuh penyakitnyaa. Misal lagi berjodoh dengan penjahit. Seterkenal apa pun sseorang penjahit, kalau kita tidak berjodoh dengannya, tidak akan pas baju kita yang dijahit olehnya.

Contoh mudahnya seperti itu. Selain itu masih banyak kata jodoh yang tepat untuk mewakili kondisi tersebut. Pekerjaan, rumah, pakaian, toko langganan, tukang ojek langganan, pasangan hidup, dan lain-lain banyak sekali.

Dan satu hal lagi, jodoh dalam berteman. Misal si A berjodoh bertemab dengan B. Mereka akan kompak, jika bertemu selalu ada yang dibicarakan, antara yang satu percaya dengan yang lain, antara yang satu merasa nyaman jika bersama yang lain, sama-sama bisa menerima kekurangan dan kelebihan masing. Kemudian ada si C dengan karakter yang hampir sangat mirip dengan A, tapi belum tentu C bisa berteman baik dengan B. Inilah jodoh, bahwa A berjodoh dengan B, sementara C tidak berjodoh dengan B.

Dalam hal jodoh pertemanan seperti itu, itu adalah hal yang alami. Kasarnya, itu adalah proses seleksi alam. Tidak bisa dipaksakan dan semua berjalan apa adanya. Seolah-olah alam memang menjadi pendukung.

Karena itu, sepertinya setiap orang pasti punya teman spesial. Karena mereka telah berjodoh.

*Tulisan ini kacau, sebenarnya cuma ingin membuat analogi untuk kata ‘jodoh’ dan bahwa ‘jodoh’ itu bermakna luas😀

About Dyah Sujiati

Tentang saya?! Seperti apa ya? Entahlah. Kalau saya yang nulis, pasti cuma yang baik-baik saja. Dan itu sulit dipercaya. ;) *Tapi harus percaya kalau saya seorang bloger yang tidak punya facebook*
This entry was posted in Jodoh and tagged , , . Bookmark the permalink.

6 Responses to (Lagi-lagi) Ini Soal Jodoh

  1. Wiwik says:

    Kata orang Jawa jodoh itu cocok’e rasa pangrasa….

    Biasanya yang namanya jodoh itu (mungkin) ada beberapa kesamaan, mungkin bisa saja cuma satu. Dan dengan kesamaan itu, jadi enak. Jadi ada hal yang cocok. Ibarat sandal pasti kiri kanan sama, lha kae kan jodone….
    Hanya yang membedakan sisi saja, sama tapi tetap berbeda.

  2. ayanapunya says:

    Setuju. Teman itu juga bisa dikatakan sebagai jodoh🙂

  3. sianakdesa says:

    saya kira-kira bisa berjodoh gak ya dengan yg punya blog hehe:mrgreen: #kaburr

  4. Pingback: Jodoh Berbatas Waktu | Dyah Sujiati's Blog

  5. Pingback: Jodoh Berbatas Waktu | Dyah Sujiati's Blog

Thanks For Read :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s