Jengkeret

Dulu, semasa kuliah, saya pernah ke Curug Ceheng beberapa kali. Saking seringnya mungkin, sampai saya lupa tepatnya berapa. Beberapa kali pula saya menujunya melalui jalur out bond. Melalui rute yang jauh, melewati sawah-sawah, sungai, kuburan, rumah penduduk di pedalaman, hutan-hutan, juga naik dan turun dua bukit.

Di hutan yang saya lalui, sepanjang jalannya saya mendengar suara seperti gergaji yang terus menerus berbunyi. Saat saya tanya pada kakak kelas saya, dia bilang itu suara Jengkeret. Sejenis serangga. Saya penasaran dan mencari-cari namun saya tak menemukannya. Baru saja saya mencari di Google dan ternyata menemukan banyak sekali gambar. Dan kata Google juga bukan ‘Jengkeret’ tapi ‘Tongeret’.

Lalu? Kenapa saya membicarakan Jengkeret? Sebab saat ini di dekat saya tinggal ada suara gergaji yang terus-menerus berbunyi yang mengingatkan saya pada suara Jengkeret, kemudian mengingatkan saya pada Curug Ceheng, kemudian merambat pada masa-masa yang pernah lalu. Ah, waktu yang melesat begitu cepat seperti percikan kembang api saja.

Jika dulu suara Jengkeret terdengar seperti suara gergaji, maka sekarang suara gergaji yang terdengar seperti suara Jengkeret. Hahaa.

Lalu? Kenapa pula saya mempublish tulisan ini? Entahlah, saya hanya sedang rindu menulis. Ada banyak yang ingin saya rangkai dalam kalimat dan paragraf. Tapi waktu dan kesempatan masih belum bersahabat hingga kini. Jadi, lebih baik mumpung ada sejenak waktu menunggu dan internet nganggur, saya menulis hal yang kurang penting ini. Hahaa.

Gambar pinjam belum izin dari sini : http://andy.web.id/wp-content/uploads/2010/03/tonggeret.jpg
^_____^V

About Dyah Sujiati

Tentang saya?! Seperti apa ya? Entahlah. Kalau saya yang nulis, pasti cuma yang baik-baik saja. Dan itu sulit dipercaya. ;) *Tapi harus percaya kalau saya seorang bloger yang tidak punya facebook*
This entry was posted in Intermezzo and tagged , . Bookmark the permalink.

One Response to Jengkeret

  1. di jogja namanya GARENGPUNG

Thanks For Read :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s