Tujuhbelasan

Dua pekan yang lalu bangsa besar kaya raya namun menderita memperingati hari kemerdekaannya. Peringatan yang tak sekedar diperingati namun juga dirayakan. Di tempat saya tinggal, umumnya orang menyebutnya sebagai ‘tujuhbelasan’.

Tujuhbelasan tak hanya dilakukan dalam bentuk upacara pengibaran dan penurunan bendera. Namun yang justru banyak adalah perayaan-perayaan yang berupa berbagai kegiatan lomba  dan pergelaran musik.

Pada hari Minggu, seminggu setelah pekan tanggal 17, saya melihat beberapa panggung berdiri di tepi jalan dengan background bertuliskan ‘Memperingati 68 Tahun Kemerdekaan’. Panggung yang berisi penyanyi dangdut bertubuh semok  berpakaian ketat kurang bahan dengan mulut berteriak-teriak. Entalah, saya justru tertawa getir melihat kombinasi panggung dan penyanyi itu.

Saya ingin sekali bertanya pada penyanyi atau orang yang ada di sana. Apa maksud semua ini yang bisa dijelaskan secara rinci dan logis. Apakah seperti ini cara memperingati kemerdekaan? Apakah seperti itu cara membalas jasa para pahlawan? Bukankah telah nampak jelas di depan mata bahwa perbuatan mereka tak lebih dari sebuah hedonisme dan pembodohan yang menuruti nafsu semata? Dan apakah perbuatan itu memberi nilai positif bagi kehidupan dan menambah nilai bangsa Indonesia? Entahlah, saya sama sekali tak paham dengan cara berfikir mereka.

Pemandangan yang bagi saya menyesakkan dada. Orang-orang bersorai-sorai sementara para veteran yang benar-benar mengorbankan jiwa dan harta mereka demi  kemerdekaan Indonesia masih banyak yang kini hidup dalam keprihatinan. Dari itu saja, pantaskah jika merayakan tujuhbelasan dengan  berpesta-ria-musik-foya? Entahlah..

About Dyah Sujiati

Tentang saya?! Seperti apa ya? Entahlah. Kalau saya yang nulis, pasti cuma yang baik-baik saja. Dan itu sulit dipercaya. ;) *Tapi harus percaya kalau saya seorang bloger yang tidak punya facebook*
This entry was posted in Kontemplasi and tagged , . Bookmark the permalink.

Thanks For Read :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s