Aku Ingin Menjadi?

Saya pernah membaca bahwa usia emas pertumbuhan seorang manusia adalah ketika berusia 1 s.d 5 tahun. Saya tak ingat betul di mana saya membaca sehingga menyimpulkan demikian. Mungkin ibarat kertas, usia tersebut adalah saat dimana menulis sekaligus mewarnainya.

Lalu saya pun mengamati orang-orang di sekitar saya dan bagaimana dia memperlakukan anak di usia yang saya maksud. Dalam hal ini adalah ketika menyikapi perkataan anak. Ketika anak seusia itu kemudian mengatakan apa yang ada di pikirannya. Bisa semacam curhat atau mengomentari apa yang ia lihat.

Misal ketika anak mengatakan, “Aku ingin menjadi robot.” atau “Aku ingin menjadi singa” atau “Aku ingin menjadi buldoser” dan lain sejenisnya.

Kebanyakan yang saya temui, sikap orang besar yang diajaknya bicara adalah mengiyakan tanda setuju dan mendukung.

Apakah itu penting dan berpengaruh dalam hal sebagaimana mewarnai kertas tadi? Iya benar, secara tidak langsung demikian. Dukungan semacam itu secara perlahan akan mempengaruhi pola pikir anak. Ketika dia ingin menjadi robot, bisa jadi karena dia memandang robot itu sosok yang kuat dan bisa berbuat sesukanya. Jika diiyakan tentu tidak baik bagi anak nantinya. Karena anak seusia itu belum saatnya diberi tahu soal baik dan buruk ataupun benar dan salah. Namun justru di masa itulah orang perlu menjadi penulis sekaligus pelukis yang hebat agar anak mereka menjadi berguna kelak.

Jadi kalau menurut saya, ketika anak mengatakan demikian, jawab saja, “Lho adik kan mau jadi anak sholeh/sholihah. Adik kan mau jadi anak yang cerdas. Adik kan jadi anak yang ganteng/cantik.” dst.

Terkadang hal seperti itu terlalu sederhana dan dianggap sepele. Padahal sebenarnya tidak. Walau tak bisa dianggap sebagai hal besar juga. Hehehe.

Wallahu’alam.

Cheers ^__^
Dyah Sujiati

About Dyah Sujiati

Tentang saya?! Seperti apa ya? Entahlah. Kalau saya yang nulis, pasti cuma yang baik-baik saja. Dan itu sulit dipercaya. ;) *Tapi harus percaya kalau saya seorang bloger yang tidak punya facebook*
This entry was posted in Menu Motivasi and tagged . Bookmark the permalink.

5 Responses to Aku Ingin Menjadi?

  1. lazione budy says:

    Akan menemukan jalannya ketika sudah selesai kuliah.
    Good luck!

  2. Anakku sudah sejak kecil (usai 6th) kuajak wirausaha, biar ngerti kalo nyari duit itu susah🙂
    Kebetulan ada usaha stationary dan photo studio yg dikelola istriku sbg sarana belajar bagi anak-anak.

    Akhirnya selama sekolah, mereka hampir gak pernah jajan atau beli yang aneh-aneh. Padahal ortunya gak pernah melarang. Itu tumbuh karena kesadarannya sendiri. Bahwa nyari duit itu susah, maka perlu dihargai dg membelanjakannya di jalan yg bener.

Thanks For Read :)

