Tambak Boyong

Tambak Boyong adalah mana sebuah perkampungan yang menjadi bagian dari desa Tanjung Widoro kecamatan Bungah kabupaten Gresik. Kampung ini ada di tengah-tengah tambak dekat laut Jawa. Kampung ini terdiri sekitar 20 rumah tangga (menurut pengamatan dan perkiraan saya).

Menurut cerita, kampung ini ada karena para  penjaga tambak atau pandega memilih menetap di sana dari pada harus bolak-balik ke rumah. Karena itu, namanya Tambak Boyong yang secara harfiah berarti pindah ke tambak.

Penduduk Tambak Boyong sebenarnya adalah orang asli Mengare. Namun sebagian juga ada yang berasal dari desa Sungon Legowo. Mengare adalah mana suatu daerah yang terpisah jauh dari daerah lainnya. Jadi semacam pulau namun tak terpisahkan oleh air. Di Mengare terdapat tiga desa secara administratif. Yaitu Kramat, Watuagung, dan Tanjung Widoro.

Akses menuju Tambak Boyong bisa dari dua arah. Yang pertama dari Mengare, tepatnya dari tanjung Widoro. Dari sana menyeberang sungai (yang saya duga adalah Kali Lamong, karena lupa belum tanya). Menyeberang dengan perahu dengan tarif seribu rupiah per orang. Jalur yang satu lagi adalah melalui Sungon Legowo atau TanjungRanduboto. Dari kedua tempat ini tak perlu menyeberang. Cukup mengikuti jalan pematang tambak yang seru dan mendebarkan. Haha. Pemandangan di sekelilingnya adalah hutan bakau yang horor namun eksotis. Yihi!

Yang menarik dari kampung ini adalah meski di sana tak ada listrik, justru di sudah ada sekolah dasar.

image

Cheers ^___^
Dyah Sujiati

About Dyah Sujiati

Tentang saya?! Seperti apa ya? Entahlah. Kalau saya yang nulis, pasti cuma yang baik-baik saja. Dan itu sulit dipercaya. ;) *Tapi harus percaya kalau saya seorang bloger yang tidak punya facebook*
This entry was posted in Pengetahuan Umum and tagged , . Bookmark the permalink.

One Response to Tambak Boyong

  1. j4uharry says:

    lulusan sekolah dsar itu yg akan membuat sumber listrik baru🙂

Thanks For Read :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s