Masa (Lalu)

Awal saya membuat blog adalah dulu sekitar tahun 2008 ketika saya masih menjadi mahasiswa. Seseorang yang telah mengenalkan saya pada dunia blog adalah mbak Destha. Awalnya saya mencoba membuka lapak di blogspot, Multiply, dan wordpress. Saya mencoba dengan berbagai macam id di sana. Sampai akhirnya saya mantap menggunakan id : onezonemine baik di blogspot, wordpress, maupun Multiply. Pun dari ketiga lapak tersebut, pilihan saya akhirnya jatuh pada Multiply.

Tujuan awal saya membuat blog adalah untuk berbagi tentang hal-hal bermanfaat yang saya jumpai, saya rasakan, saya baca, maupun saya pikirkan. Agar orang-orang yang berkesempatan membaca, dapat memetik hikmah.

Lantaran saya menambatkan hati pada Multiply, jujur saja tulisan-tulisan saya akhirnya melenceng dari tujuan awal. Bahkan acara ngeblog saya, tidak lagi merepresentasikan tujuan awal saya membuat blog. Saya lebih menikmati acara ngeblog sebagai acara nge-sosmed. Curhat dan laporan kegiatan menjadi corak tulisan-tulisan saya. Pun dari sanalah saya mulai mengenal banyak orang di belahan dunia lain dengan kekerenan mereka masing-masing. Itu membuat saya semakin keranjingan.

Sampai saat ketika Multiply tutup dan saya memutuskan pindah menempati lapak di wordpress September 2012. Perpindahan itu ternyata tetap membuat saya memaknai blog sebagai sebuah sosial media. Saya ikut terbawa suasana euforia eksodus dari Multiply ke wordpress. Tulisan-tulisan saya masih berupa laporan kegiatan dan curhatan yang kurang bermakna. Bahkan saya semakin bersemangat mengumpulkan teman-teman baru dari lapak baru.

Jadi dengan kata lain, saya menyebut diri saya terbawa arus euforia ngeblog. Saya merasa sangat senang ketika ada banyak orang yang meninggalkan jejak di postingan saya. Meski komen-komen yang tertinggal sebetulnya sudah tidak lagi relevan dengan isi postingan saya. Kebanyakan hanya OOT semata. Dan tetap saja, itu terasa menyenangkan kala ada banyak komen di setiap postingan.

Meski tak bisa dipungkiri, bahwa komen itu merupakan bagian dari semacam simbiosis. Kala sering meninggalkan jejak di tempat orang, akan banyak jejak yang tertinggal. Sedangkan saya amat jarang meninggalkan jejak di tempat orang. Saya akan meninggalkan komen jika saya memang ingin berkomentar. Dan itu jarang terjadi. *pish

Lama kelamaan saya jadi merasa bosan dengan aktivitas ngeblog saya yang tak lagi sesuai dengan tujuan awal. Yang justru berorientasi pada komen. Bukan pada kualitas dan makna tulisan. Karena tujuan awal saya membuat blog adalah sebagai ‘tempat sampah’ tulisan-tulisan saya. Kalau ada yang membaca ya semoga bermanfaat. Kalau pun tidak (sekarang), kembali pada prinsip awal bahwa menulis itu mengikat ilmu, menulis itu amal, dan tulisan adalah sejarah. Dan akhirnya saya memutuskan untuk kembali ke niat awal pada Mei 2013.

Lalu terkait dengan komen atau jejak yang tertinggal di blog, saya hanya akan membalas yang perlu dibalas. Semacam pertanyaan atau komen salah fokus dari komentator. Jika hanya perlu dibalas ‘terimakasih’, ‘setuju’, ‘wkwkwk’, ‘hahaha’, ‘terimakasih sudah mampir’ dan sejenisnya saya rasa itu tidak perlu dibalas. Cukup dibalas dalam hati:mrgreen:

Ya memang, segala sesuatu itu ada masanya. Dan itulah masa (lalu) saya dalam dunia blog yang pahami menurut definisi saya sendiri. Ahaha. Dan saya akan berusaha mengembalikan tulisan saya pada tujuan awal membuka lapak di masa kuliah dulu. Saya akan berusaha menulis dengan harapan tulisan-tulisan saya membawa manfaat bagi yang berkesempatan membaca guna bekal saya kelak. Amin, semoga saya tidak ingkar janji.:mrgreen:

Jadi secara ringkas, saya visualisakan bentuk tabel sebagai berikut :
tabel

Eh TAPI? Saya tetap senang jika bisa bersilaturahim dengan teman-teman dari seluruh penjuru arah. Karena saya adalah gadis yang baik hati dan tidak sombong kelihatannya. :p

Post terkait : I’m Happy, di Balik Multiply [1], di Balik Multiply [2]

Cheers ^___^
Dyah Sujiati

About Dyah Sujiati

Tentang saya?! Seperti apa ya? Entahlah. Kalau saya yang nulis, pasti cuma yang baik-baik saja. Dan itu sulit dipercaya. ;) *Tapi harus percaya kalau saya seorang bloger yang tidak punya facebook*
This entry was posted in Others and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

3 Responses to Masa (Lalu)

  1. Pingback: A-Geometri | Dyah Sujiati's Blog

  2. Bing says:

    Pretty! This was an extremely wonderful article. Thanks for supplying this info.

Thanks For Read :)

