Belajar

Belajar adalah sebuah proses perubahan di dalam kepribadian manusia dan perubahan tersebut ditampakkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku seperti peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman, ketrampilan, daya pikir, dan kemampuan-kemampuan yang lain. Belajar adalah menambah dan mengumpulkan sejumlah pengetahuan. (NASUTION) Belajar adalah usaha untuk menguasai segala sesuatu yang berguna untuk hidup (NOTOATMODJO). Belajar adalah proses perubahan dalam diri manusia (AHMADI A.) [ http://widhiieaprilia.blogspot.com/p/blog-page_16.html ]

Belajar bukan hanya kegiatan membaca buku di atas meja, menghafalkan teks-teks yang tertulis, mengerjakan soal, pun bukan hanya semacam pelatihan. Belajar adalah proses menjadi lebih baik meliputi pemikiran, pengetahuan, dan juga tingkah laku. Maka sepanjang hidup sebetulnya adalah belajar itu sendiri.

Jika membicarakan soal belajar akan menjadi bahasan yang cukup luas, meski hanya ditinjau dari salah satu segi saja. Karena itu, pada tulisan kali ini saya hanya menulis tentang salah satu hal yang menjadi penghambat dalam belajar. Apa itu? Salah satu hal yang menjadi penghambat dalam proses belajar adalah ‘kombinasi antara ego pribadi dengan perasaan cukup’. Ini pun dalam lingkup ‘hal-hal kecil’ yang saya maksud.

Maksud saya begini, dalam banyak hal di kehidupan kita, kita sering merasa cukup atau puas dengan apa yang telah kita lakukan. Sehingga di suatu saat ada yang mengajak kita untuk lebih dari itu, kita merasa enggan dengan dalih ‘saya suka seperti ini’, ‘yang penting saya sudah begini’, ‘ini sudah benar kok menurut saya’, dan sebagainya. Nah, pada saat itu lah, ego lebih dominan dari pada pemenuhan kebutuhan untuk belajar.

Saya di sini tidak membahas sesuatu yang besar, tapi pada hal-hal kecil yang sering kita tidak merasanya. Sebagai contoh misalkan ada seseorang yang berpakaian asal. Lalu ada yang menyampaikan bahwa berpakaian layaknya tidaklah seperti itu. Lalu si dia tetap bersikukuh dengan dalih ‘yang penting sudah menutup aurat’, ‘yang penting saya nyaman’, ‘yang penting saya PD’ dan dia tidak mau belajar.  Okey, kita punya cara tersendiri dalam hal itu. Kita punya hak untuk tampil sesuai selera kita. Tapi kita harus ingat bahwa kita hidup tidak sendiri. Ada orang lain yang juga punya hak. Juga ada norma baik yang tertulis maupun tidak. Bahkan bisa jadi karena kita yang belum mengetahuinya. Jika kita tetap bersikeras pada ‘hak’ kita, lalu apa bedanya dengan mereka yang berbuat sesuka hati dengan dalih itulah haknya?

Mungkin kadang, ‘ajakan untuk belajar’ itu datang tidak dalam bentuk sesuai keinginan kita. Kita inginnya dielu-elu namun ternyata dia datang berupa celaan. Atau ketika hal itu justru tersampaikan oleh orang yang menurut kita tak lebih baik daripada diri kita. Perasaan inilah yang harus ditinggalkan agar tidak menjadi hambatan dalam proses belajar.

Hal-hal kecil itu banyak sekali dalam kehidupan ini. Jika hidup ini ibarat jalan, maka hal-hal kecil itu adalah kerikil yang bertaburan. Sulit untuk dihindari bahkan ketika menginjaknya pun, hampir-hampir tak terasa. Namun jika di ujung  jalan kerikil itu dikumpulkan, ia bisa lebih besar daripada batu yang besar. Semoga Allah memberi kumudahan bagi kita dalam setiap proses belajar untuk menerima hikmah yang hendak Ia berikan. Semangat terus untuk belajar!

*NTMS

Related post : Menulis itu?

Cheers ^___^
Dyah Sujiati

About Dyah Sujiati

Tentang saya?! Seperti apa ya? Entahlah. Kalau saya yang nulis, pasti cuma yang baik-baik saja. Dan itu sulit dipercaya. ;) *Tapi harus percaya kalau saya seorang bloger yang tidak punya facebook*
This entry was posted in Kontemplasi and tagged , , . Bookmark the permalink.

9 Responses to Belajar

  1. jampang says:

    pernah baca quote yang kira-kira bunyinya…. sekeliling kita adalah sekolah kehidupan

  2. Pingback: Menulis Itu? | Dyah Sujiati's Blog

Thanks For Read :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s