Ulang Tahun

Apa yang tiba-tiba terimajinasi oleh Anda ketika mendengar frase itu disebut? Hadiah, kado, perayaan, selamatan, traktiran, kue, atau malah kesedihan? Kalau saya, akan terpikir semua hal sudah saya sebut itu, makanya itu yang saya tulis. (?)

Lalu apakah alasan saya menulisnya karena memang saya mengalami atau menerima atau melakukan hal-hal itu? Jawabannya adalah tidak. Jika bagi kebanyakan orang, hari ulang tahun adalah hari yang istimewa maka bagi saya sama sekali tidak. Justru lebih istimewa hari ulang tahun orang lain yang karenanya  saya dapat traktiran. #oportunis

Saya mungkin adalah makhluk minoritas di muka bumi ini yang ‘merayakan’ ulang tahunnya dengan cara yang berbeda. Berbeda dan benar-benar beda. Yaitu melupakannya. Iya benar, dengan melupakannya! Seumur hidup saya yang seharusnya telah melewati 23 kali ulang tahun, hanya sekali saja yang saya ingat bahwa hari itu saya ulang tahun. Yaitu ketika melewati angka 20. Kenapa? Karena saya tak ingin berulang tahun. Sebab banyak hal yang ingin saya raih sebelum usia saya berkepala 2 ternyata meleset. Diantaranya adalah menjadi sarjana. Dan beberapa hal yang tidak perlu saya sebut.

Oh ya pernah waktu SMA kelas III, karena saking inginnya saya mendapat kado ulang tahun, saya telah memesan paksa pada dua teman dekat saya kala itu. Jauh-jauh hari saya mengatakan pada mereka. Dan hampir setiap hari saya mengingatkannya. Ah ya ampun! Kasihan sekali kedengarannya. Tapi apakah anda tahu? Tepat di hari saya berulang tahun, justru hari itu saya benar-benar lupa. Dan untung sebelum pulang sekolah mereka ingat lalu memberikannya pada saya. Itu pun sepertinya dengan setengah hati, karena saya telah melupakan hari ulang tahun saya sendiri. Tak sebanding dengan kemarin-kemarin saya selalu mengingatkan. Haha.

Nah, karena itulah, saya justru merasa spesial. Gubrak! Maksud loe?! Karena cara saya dan ‘alam’ memperingati ulang tahun saya benar-benar berbeda. Mungkin, ada sebagian yang lagi duduk di pojok sana, sedang meratapi nasib lantaran hanya sedikit orang yang ingat akan hari ulang tahunnya, hanya sedikit kado yang diterimanya, hanya sedikit yang memberinya ucapan selamat ulang tahun, atau karena apa lagi lah. Percayalah, ada yang lebih mengenaskan dari pada itu. You know who he/she is. Hari ulang tahun tak ubahnya dengan hari lain. Tidak ada keberkahan khusus yang jatuh di hari ulang tahun. Tidak ada amalan spesial pula di hari itu. Juga tidak ada sunah untuk merayakan ulang tahun. Pun, pahala sama sekali tak membuat fungsi persamaan dengan ucapan-kado-hadiah-dkk itu. Dan soal ucapan selamat, ulang tahun rasa-rasanya juga bukan prestasi. Semua orang otomatis memilikinya -tanpa perjuangan apapun-.

Tapi kan kalau banyak yang ingat, meski hanya mengucap selamat, berarti kan banyak yang sayang? Iya betul. Lalu kalau tidak ada yang memberi ucapan selamat, apakah artinya tidak ada yang sayang? Aduh, itu bukan analogi yang tepat.

Atau begini saja, hidup itu katanya hanya soal seni bagaimana menikmatinya dan memandangnya bagaimana. Nah, contohnya saya ini. Bagaimana ‘alam’ merayakan ulang tahun saya dengan kesepian dari ucapan selamat atau kado dkk -lantaran saya sendiri juga tak ingat-, maka saya justru menganggap semua itu spesial. Keren kan? Yihi!

Penting : tulisan ini ditulis dan dipublikasikan sama sekali bukan karena saya sedang ulang tahun. Ulang tahun saya bukan di tanggal tulisan ini dipublikasikan.

–**–

Cheers ^___^
Dyah Sujiati

About Dyah Sujiati

Tentang saya?! Seperti apa ya? Entahlah. Kalau saya yang nulis, pasti cuma yang baik-baik saja. Dan itu sulit dipercaya. ;) *Tapi harus percaya kalau saya seorang bloger yang tidak punya facebook*
This entry was posted in Hikmah and tagged , , . Bookmark the permalink.

3 Responses to Ulang Tahun

  1. quinque says:

    selamat milad yah, barakallah

  2. chuin5 says:

    Perayaan ulang tahun itu ironis, kita merayakan pertambahan umur yang juga berkurangnya jatah hidup di hari yang sama

  3. jampang says:

    saya juga nggak pengen hari lahir saya dirayakan…. dan memang lebih sering tidak😀

Thanks For Read :)

