Mbolang Brebes [2]

[Perjalanan Menuju Kaligua]

Setelah memastikan bahwa kami akan mbolang dan menginap, hal pertama yang harus kami urus adalah kebutuhan ketika mbolang yang sama sekali tak ada persiapan. Hal-hal itu minimal meliputi sabun, pasta dan sikat gigi, dan pakaian ganti. Semua hal itu dikarenakan untuk menjaga kesucian sehingga bisa melaksanakan sholat dengan tenang di mana pun berada.

Sabun, pasta, dan sikat gigi bisa dibeli ketika melintas toko. Masalahnya adalah pakaian ganti. Apalagi kami perempuan. Nah, ada tips rahasia nih buat temen-temen cewek yang suka mbolang tapi malas bawa pakaian banyak. Atau jika terpaksa / mendadak seperti kami yang malah tak membawa ganti. Yaitu sediakan pentiliner. Jika lupa bawa, bisa beli juga di toko atau apotik.

Akhirnya kami mulai perjalanan ke wisata kebun teh Kaligua yang berlokasi di Desa Pandansari Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes. Dari pertigaan Paguyangan, diperlukan waktu sekitar 1 jam untuk tiba di lokasi. Tulisan yang saya baca adalah 9 km. Tapi saya lupa itu saya baca di sebelah mana. Haha. Jalan menuju desa Pandansari cukup bagus sampai pertigaan Cipetung. Setelahnya, jalan sangat kacau dan tidak rata. Kemiringan jalan terhadap arah horizontal lebih dari 45 derajat! Jika kita dari arah bawah, sebelah kiri adalah jurang! Selain itu, jalan juga berkelak-kelok seperti obat nyamuk bakar.

Mengendarai motor di medan semacam itu (atau sekedar dibonceng) menjadi tantangan yang cukup menarik dan cukup untuk memacu adrenalin. Bagi saya itu menyenangkan. Dan yang tidak kalah penting adalah? Pemandangan alam yang tersedia selama perjalanan menuju Kaligua, MasyaAllah! Indah tak terlukis kata. Kami hanya berdecak kagum dan memuji-Nya atas lukisan alam yang Dia ciptakan. (saya jadi ingat dengan kawan di sana yang bangga dengan ke-tidak-beragama-annya. Atau yang mengatakan saya mengakui Tuhan tapi tidak pada agama. Apa coba bedanya dengan tidak ber-agama? Siapa coba yang menciptakan semua keindahan  itu? Barangkali, suatu saat kawan itu perlu diajak mbolang seperti ini.)

Gunung yang kokoh. Sawah yang subur. Air yang bening dan mengalir indah. Udara sejuk dan dingin yang menenangkan. Kombinasi yang sempurna. Mungkin benar kata orang, jika di tanah Indonesia itu menanam ranting bisa jadi pohon dan berbuah. Tapi entah kenapa, negeri yang begini kaya sumberdaya alamnya, sampai saat ini masih banyak penduduknya yang tidak sejahtera. Alih-alih mensejahterakan rakyat, eh yang ada malah penjajahan dan perampokan. Okelah, itu menjadi ‘PR’ bagi saya dan juga seluruh penduduk negeri ini yang masih waras akalnya. Kali ini saya menulis tentang pengalaman mbolang saja. #pish

Oh ya satu hal lagi, perjalanan mbolang kali ini dan tujuannya adalah salah satu impian saya yang terwujud. Yaitu kombinasi mengunjungi daerah pegunungan, berada di lautan gunung (?), perjalanan yang tidak terlalu melelahkan, dan berada di dataran tinggi yang dingin. Alhamdulillah!

image

image

image

image

Bersambung

–**–

Cheers ^___^
Dyah Sujiati

About Dyah Sujiati

Tentang saya?! Seperti apa ya? Entahlah. Kalau saya yang nulis, pasti cuma yang baik-baik saja. Dan itu sulit dipercaya. ;) *Tapi harus percaya kalau saya seorang bloger yang tidak punya facebook*
This entry was posted in Gallery Photo, My Journey and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

4 Responses to Mbolang Brebes [2]

  1. jampang says:

    waduh…. bersambung lagi

  2. nats says:

    keren pemandangannya..sayang fotonya kurang bersih ya😦

  3. lazione budy says:

    harusnya sampeyan mejeng, narsis foto-foto biar pada lihat betapa berantakannya penampilan kalian mbolang.😀

  4. Pingback: Mengupayakan Mimpi | Dyah Sujiati's Site

Thanks For Read :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s