Wisata Air Terjun di Tuban

Terdapat beberapa air terjun yang terletak di kabupaten Tuban, baik yang sudah diresmikan sebagai objek wisata maupun belum. Setidaknya ada lima air terjun yang saya tahu. Tiga air terjun sudah dijadikan tempat wisata sedangkan yang dua belum.

Tiga air terjun yang sudah disahkan menjadi objek wisata adalah Air Terjun Gajahan, Air Terjun Ngelirip, dan Air Terjun Lembah Bongok. Dua yang belum disahkan jadi objek wisata,  dikenal dengan sebutan Air Terjun Sangrahan dan Air Terjun Banyu Langsih.

Pada bulan puasa yang lalu, saya bersama Citra (keponakan saya) mengunjungi tiga air terjun sekaligus. Sebetulnya ingin empat karena keempat air terjun tersebut bisa dikatakan sejalur. Kami berencana ke Sangrahan, lanjut Ngelirip, lanjut Lembah Bongok, lanjut Banyu Langsih. Namun karena sudah pernah ke Lembah Bongok, jadi kami batal mampir. Kami hanya berfoto di jalur menuju Lembah Bongok. Jalan yang menuju Lembah Bongok ini keren banget lho. Pohon-pohon rindang di sisi jalan membentuk diri menyerupai lorong. Berada di sana seperti ada sensasi tersendiri.

image

Di jalan menuju Lembah Bongok

Jika melihat topografi kabupaten Tuban yang memiliki banyat bukit karst, saya curiga masih banyak air terjun cantik yang tersembunyi di balik pepohonan. Benar-benar mencurigakan. Hehe

Dan setiap kali saya mbolang, baik ke air terjun maupun objek wisata lainnya, selalu ada pertanyaan yang muncul dan hingga saat ini belum saya temukan jawabannya.

Alam begitu indah. Menyajikan kenikmatan setiap mata yang memandang. Menghadirkan ketenangan dalam jiwa. Menjadi obat hati yang lara. Mungkinkah, alam “hanya” berjalan teratur dan tertata sedemikian ajaibnya dengan caranya sendiri tanpa ada yang berkuasa atas mereka? Tanpa ada yang mengatur mereka? Impossibleh! Pasti ada Dzat yang menyebabkan semua itu berjalan teratur.

Pertanyaan saya, apa yang dipikirkan para Atheis ketika melihat kemegahan dan keindahan alam? Tidakkah mereka terpikir siapa pencipta-Nya?

Saya sangat menyarankan pada para Atheis untuk melakukan pembolangan (perjalanan) agar menemukan Tuhannya. Biar gak galau.😉

Postingan di masing-masing air terjun insyaAllah, menyusul.🙂

cheers ^_^
Dyah Sujiati

About Dyah Sujiati

Tentang saya?! Seperti apa ya? Entahlah. Kalau saya yang nulis, pasti cuma yang baik-baik saja. Dan itu sulit dipercaya. ;) *Tapi harus percaya kalau saya seorang bloger yang tidak punya facebook*
This entry was posted in My Journey and tagged , . Bookmark the permalink.

4 Responses to Wisata Air Terjun di Tuban

  1. jampang says:

    indah banget air tejunnya!

    eh nggak ada fotonya yah😀

  2. sunarno2010 says:

    rindang banget pepohonannya

  3. Junaidi m says:

    foto air terjunnya juga masih tersembunyi

Thanks For Read :)

