B29 – Negeri di Atas Awan 

Kali ini saya akan menulis tentang acara mbolang saya dengan Miya hari Sabtu pekan lalu. Kami sepakat memutuskan pergi Jumat malam sekitar pukul 9 pm. Memang sudah jauh-jauh hari janjian mbolang lagi. Rencananya kami mau mbolang dua hari Sabtu-Minggu. Saat Miya libur kerja. Ternyata hari Minggu Miya mesti mengantar ibunya. Tinggallah Sabtu. Kami putuskan untuk mengunjungi bukit B29 yang ada di Lumajang. Yang terkenal dengan sebutan ‘Negeri di Atas Awan’.Saya baca-baca tulisan hasil googling. Miya hunting info dari temannya yang sudah pernah naik. Baca tulisan seram-seram. Info teman Miya juga seram. Kami sempat galau. Antara iya dan tidak. Jalanan menuju lokasi dikabarkan sangat ekstrim. Ditambah dengan cuaca yang tak menentu. Sangat berbahaya! Sempat juga ingin merubah haluan alias destinasi. Tapi kami penasaran! Akhirnya terputuskanlah kami ke B29. Bismillah.

Perjalanan dimulai dari tempat saya bertemu Miya  di bawah jembatan penyeberangan Bungurasih. Waktu itu saya lihat jam tangan saya menunjukkan pukul 5:03 am ketika motor melaju. Dan seperti biasa, Miya mengendarai motor dengan kecepatan penuh: 80 sampai 90 km/jam! Saya di boncengan hanya bisa terus merapalkan sholawat. Hufh.

Setelah memasuki Probolinggo, kami sempat salah arah. Kurang lebih setengah jam kami tersasar. Tapi tiada masalah. Itulah serunya mbolang ke tempat baru.

Bukit B29 terletak di desa Argosari kecamatan Senduro kabupaten Lumajang. Jika dari arah Probolinggo, lurus saja sampai bertemu patung adipura. Dari sana belok kanan. Tinggal lurus terus sampai kecamatan Senduro. Nanti dipandu oleh plang yang bertuliskan arah B29. Jadi tak perlu kesasar lagi.

Perjalanan ke B29 sangat menyenangkan. Lautan bukit yang gagah menemani mata memandang. Kami berhenti untuk narsis-narsis dahulu setiap ada spot yang bagus untuk foto. Meskipun hasilnya ternyata tak sebagus mata memandang. Ahaha. Maklum bukan fotografer.😄

Tapi setelah itu jangan kaget kalau semakin ke atas jalanan semakin jelek dan curam. Hanya orang-orang luar kota yang terpilih yang akan berhasil melewati jalanan di sana setidaknya sampai parkiran.

Tetapi anda tak usah risau. Penduduk di sana baik-baik dan visioner. Mereka melayani jasa ojek. 

Di sebuah tikungan, Miya gagal memacu motor. Saya langsung refleks turun. Alamat saya jalan kaki macam tracking.😦

Ternyata tak lama ada penduduk yang melintas dan mengojek saya. Alhamdulillah.

Tarif ojek sampai B29 dipatok 100 ribu (dan saya dapat bonus dari tempat awal tadi sampai parkiran). Parkir motor 5 ribu.

Pemandangan sangat-sangat cantek! B29 sebetulnya merupakan bukit dengan ketinggian puncaknya 2.900 mdpl. Awan sudah terbentuk pada ketinggian itu. Karena itulah tempat ini disebut ‘Negeri di Atas Awan’. Selain itu, yang menarik di B29 adalah bisa melihat view gunung Bromo dan kawan-kawan dari ketinggian. Tjakepppp!

Di puncak B29

Yang membuat saya takjub adalah hampir sampai puncak ada rumah penduduk. Terbayang dinginnya. Lalu akses ke tempat lain yang jauh. Keren sekali terbayang bagaimana orang-orang hidup dan menikmati hidup mereka. Nenek-nenek tua dengan santainya naik ke bukit. Belum juga kalau turun sambil memikul sebatang kayu. Keren sekali.
Juga balita-balita yang dengan santainya dibiarkan bermain di tepian bukit yang curam. Wah semua itu benar-benar membuat saya takjub!

Selain B29, juga ada B30. Kalau mau ke B30 tinggal menambah ongkos ojek 40 ribu. Disebut B30 karena ketinggiannya 3.000 mdpl. Di puncak B30 bisa melihat puncak semeru dari dekat. Sayang, kemarin tertutup awan.

Tracking ke B30. Macam orang kesasar di semak-semak!😐

Sekian reportasenya!

Cheers ^_^
Dyah Sujiati

About Dyah Sujiati

Tentang saya?! Seperti apa ya? Entahlah. Kalau saya yang nulis, pasti cuma yang baik-baik saja. Dan itu sulit dipercaya. ;) *Tapi harus percaya kalau saya seorang bloger yang tidak punya facebook*
This entry was posted in My Journey and tagged , . Bookmark the permalink.

5 Responses to B29 – Negeri di Atas Awan 

  1. awansan says:

    saya pengen kesana juga tapi belum kesampaian 😅,, btw salut sama fisik orang gunung, kuat2 banget euy, padahal rata rata perokok ..

  2. jampang says:

    Ooooh… Itu alasannya knp disebut B-29.
    Saya ingatnya itu nama merek sabun cuci😀

Thanks For Read :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s