Menikmati Cantiknya Pemandangan dari Tol Surabaya-Malang

Malang adalah salah satu kota yang menjadi destinasi liburan karena memiliki banyak tempat wisata. Beberapa gunung ada di kota/kabupaten ini. Gunung Panderman yang selalu ramai dengan pendakian. Gunung Putri atau gunung Kawi yang terkenal dengan mistisnya. Salah satu jalur pendakian gunung Semeru juga ada di Malang. Bahkan salah satu akses menuju gunung Bromo juga melalui Malang. Gunung Welirang, gunung Arjuna, gunung Buthak, dan lain-lain.

Belum soal air terjunnya. Ada lebih dari 30 (tiga puluh) air terjun yang bisa dikunjungi di Malang untuk menyegarkan pikiran. Dan deretan pantainya di Malang Selatan yang amat menawan juga tak kalah menarik. Pantai Balekambang yang legendaris, pantai Tiga Warna, Pantai Sendang Biru, dan sebagainya. Termasuk wisata buatan dan wisata edukasi juga banyak di kota ini. Belum lagi jika membicarakan wisata kuliner. Ada ratusan yang bisa dijelajahi. Mengeksplorasi Malang tak cukup waktu barang satu dua hari apalagi bila ditambah dengan mendaki gunung. Bisa berminggu-minggu. Hehe.

Nah, sebelum mengeksplorasi semua itu, tentu yang paling pertama terjadi adalah perjalanan menuju Malang itu sendiri. Katakanlah hendak mengeksplorasi Malang dimulai dari ibukota provinsi Jawa Timur, Surabaya. Secara pribadi, saya lebih rekomendasikan untuk menaiki bus patas daripada kereta api. Sebab jumlah bus di terminal Bungurasih melimpah ruah. Setiap 10 menit ada bus berangkat menuju Malang. Semua bus dengan trayek Surabaya – Malang ber-AC baik patas maupun tarif biasa. Dan lebih dari itu, pemandangan selama perjalanan Surabaya – Malang melalui jalan tol menyuguhkan panorama alam yang sangat memanjakan mata. Sejak dioperasikannya Jalan Tol Pandaan-Malang Seksi I-III (Pandaan-Singosari) di bulan Mei lalu, kini perjalanan dari Surabaya ke Malang menjadi amat singkat.

Tarif bus biasa Rp 15.000 dan bus patas Rp. 30.000. Namun jika naik bus biasa, bus hanya akan sampai di tol Pandaan. Sedangkan kalau bus patas, baru turun di tol Singosari/Karanglo. Dibandingkan dengan naik kendaraan pribadi, naik bus lebih menyenangkan bagi saya. Sebab bisa lebih leluasa menyaksikan panorama alam yang dilintasi selama perjalanan.

Bila melakukan perjalanan dari arah Surabaya menuju Malang, pemandangan mengesankan pertama adalah deretan gunung Penanggungan, gunung Arjuna, dan gunung Welirang yang mulai nampak gagah nan kelabu di kejauhan di sisi kanan. Semakin mendekat, gunung Penanggungan terlihat semakin gagah. Begitu juga dengan gunung Arjuna dan Welirang semakin terlihat jelas.Setelah memasuki wilayah kabupaten Pasuruan, di sisi kiri akan nampak barisan bukit yang mengelilingi gunung Bromo dan gunung Semeru juga nampak.

Berkombinasi dengan hijaunya sawah yang terbentang, gunung yang gagah, dan langit yang biru memberi kesegaran bagi pikiran. Mendekati Karanglo/Singosari, kita disuguhi bunga-bunga tamanan tebu bagai kapas yang bertebaran membuat damai hati yang memandangnya. Bila perjalanan di malam hari, lampu rumah-rumah penduduk yang tinggal di lereng pegunungan ini bagai bintang yang ditebar di bumi dan mengubah malam menjadi bagai berlian yang berkilauan.

Melewati jalur ini, rasanya benar-benar sayang untuk dilewatkan begitu saja.

About Dyah Sujiati

Tentang saya?! Seperti apa ya? Entahlah. Kalau saya yang nulis, pasti cuma yang baik-baik saja. Dan itu sulit dipercaya. XD XD XD Tapi harus percaya kalau saya seorang blogger yang tidak main sosmed. Twitter off per 4/4/2019, tidak punya Facebook, Instagram, Path, dll.
This entry was posted in My Journey and tagged . Bookmark the permalink.

3 Responses to Menikmati Cantiknya Pemandangan dari Tol Surabaya-Malang

  1. Nana says:

    Bisa fotografi juga toh 👍😉

  2. Sila kunjungi blog kami untuk mendapatkan 40 blog gerbang ilmu Islam sebagai panduan menjalan kehidupan seharian : https://jipskelantan88695409.wordpress.com/
    Mohon Para Sahabat Follow Blog Kami, Jutaan Terima Kasih.

Thanks For Read :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.