Manajemen Stres

Stop Overthinking. You can’t control everything, just let it be.

Stres menjadi masalah yang umum dialami setiap orang terutama bagi orang yang bekerja atau memiliki rutinitas yang padat. Tekanan -tekanan yang dialami menyebabkan stres dan tak terkendali.

Oleh karena itu kita perlu mengelola dan mengendalikan stres dengan tepat. Manajemen stres adalah kemampuan manusia untuk mengatasi gangguan emosional maupun mental akibat stres yang pemicunya dari berbagai faktor.

Bagaimana kita dapat me-manage stres? Berikut sudah kita rangkum 5 tips manajemen stres :

  1. Cari penyebab stres

Identifikasi sumber stres berasal. Setelah tahu apa penyebab stres yang dialami, kita dapat menghindar sejenak agar tingkatan stres sedikit menurun dan emosi tetap terkendali.

  1. Hanya pikirkan yang ada dalam kendali kita

Terkadang kita terlalu memikirkan apa yang tak bisa kita kendalikan. Seperti misalkan perilaku seseorang terhadap kita, situasi yang sedang terjadi dan banyak lagi. Coba untuk fokus pada apa yang bisa kita kendalikan, kita bisa memikirkan bagaimana kita menyikapi perilaku orang lain terhadap kita atau bagaimana kita menyesuaikan diri dan bertahan dalam situasi yang sedang terjadi.

  1. Luangkan waktu untuk relaksasi

Tegang akibat stres tentu butuh kita renggangkan, luangkan sedikit waktu untuk melakukan hal yang menyenangkan. Seperti menonton film komedi, melakukan hobi, berkebun atau pergi ke alam terbuka untuk tenangkan diri.

  1. Optimalkan waktu yang kita punya

Mengoptimalkan waktu yang kita punya bukan berarti kita harus sibuk setiap saat. Namun kita perlu memanfaatkan waktu dengan baik. Bekerja di jam kerja, istirahat di jam istirahat dan memanfaatkan waktu luang untuk hal yang positif.

  1. Jangan bawa masalah hingga kita tidur

Karena tidur sangatlah penting bagi tubuh dan pikiran untuk beristirahat, jangan bawa atau pikirkan masalah yang sedang kita hadapi. Sebab tidur akan terganggu atau bahkan tak bisa tidur karena terlalu memikirkan masalah sehingga keesokan harinya akan merasakan lelah pada fisik serta pikiran.

Meskipun mengelola stres terlihat sedikit sulit untuk dilakukan, percayalah kita dapat melakukannya jika kita mau memulai dan membiasakan diri untuk melakukannya.

(Sumber artikel: https://linktr.ee/kampoonghening)

About Dyah Sujiati

Tentang saya?! Seperti apa ya? Entahlah. Kalau saya yang nulis, pasti cuma yang baik-baik saja. Dan itu sulit dipercaya. XD XD XD Tapi harus percaya kalau saya seorang blogger yang tidak main sosmed. Twitter off per 4/4/2019, tidak punya Facebook, Instagram, Path, dll.
This entry was posted in Others and tagged . Bookmark the permalink.

1 Response to Manajemen Stres

  1. Dyah Sujiati says:

    Tulisan ini bersumber dari email rutin yang dikirimkan oleh Kampung Hening. sayang jika tidak diabadikan. hehe

Thanks For Read :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.