Category Archives: Others

Manajemen Stres

Stop Overthinking. You can’t control everything, just let it be. Stres menjadi masalah yang umum dialami setiap orang terutama bagi orang yang bekerja atau memiliki rutinitas yang padat. Tekanan -tekanan yang dialami menyebabkan stres dan tak terkendali. Oleh karena itu … Continue reading

Posted in Others | Tagged | 1 Comment

Children of Nobody

Ya Allah masih baper lantaran usai nonton Children of Nobody. 😭😭🤣🤣 Dan tak lain tak bukan, itulah alasan saya menulis kali ini. Hahaha. Lagi dan lagi, drama Korea yang usai saya tonton selalu menyuguhkan pelajaran moral yang tak sedikit. Menonton … Continue reading

Posted in Others | Tagged , | 6 Comments

Dokumentasi KSKP

This gallery contains 74 photos.

More Galleries | 1 Comment

Memecahkan Kasus

Karena tak lama sempat nulis di blog, sekalinya buka dashboard jadi kepengen nulis rupa-rupa segala macam. Akhirnya tidak ada yang jadi ditulis. Haha. Baiklah, saya akan bercerita saja tentang kejadian sore ini. Sejak tadi sekitar Ashar, ada Kakek kurir yang … Continue reading

Posted in Others | Tagged | Leave a comment

Memilih Sudut Pandang

Perjalanan pagi ini tidak seperti biasanya. Kulihat tanaman lebih hijau dari biasanya. Padi di sawah. Enceng gondok yang kulewati. Lumut-lumut dan tanaman paku yang tak begitu dianggap. Rumput-rumput yang diam menanti digoyang angin. Dedaunan pohon yang tegar. Semuanya nampak lebih … Continue reading

Posted in Others | 2 Comments

Nge-Drak

Jujur, tulisan ini diawali dengan kegalauan yang nyata. Perihal apa coba? Hanya mengenai judul! Ahahah! Aseli, saya tadinya galau mau kasih judul apa. Awalnya mau kasih judul “Gara-gara” biar penasaran, tapi habis itu ada tulisan rekan yang terbit di koran … Continue reading

Posted in Others | Tagged , | 7 Comments

Catatan Seorang Kontributor Travel-Blog

*judulnya sok iyes 😺😸 Berawal dari surel yang dikirim oleh admin/editor sebuah website traveling, yang saya terima di bulan Maret 2019. Isinya adalah tawaran untuk menuliskan pengalaman traveling yang pernah saya lakukan. Bagaikan hujan perdana di ujung kemarau yang menggairahkan, … Continue reading

Posted in Others | 3 Comments

Bandung

Bandung. Satu nama kota yang tak dapat disangkal kepopulerannya. Mulai dari mantan Walikota-nya sampai tata kotanya sendiri. Berkesempatan mengunjungi Bandung, tentu saja bikin saya senang. Haha. Akhir pekan Oktober kemarin saya berkesempatan mengunjungi Bandung. Dan cukup lumayan lah, jadi ada … Continue reading

Posted in Others | Tagged | 2 Comments

Penyesalan

Penyesalan selalu datang belakangan. Tak pernah di awal. Kalau di awal namanya memang pendaftaran. Penyesalan, saat ia datang, keadaan pasti sedang tidak menyenangkan. Sekonyong-konyong rasanya ingin memutar waktu bagai memencet tombol “replay” pada aplikasi pemutar musik. Atau mengklik fitur “undo” … Continue reading

Posted in Others | Tagged , , | 2 Comments

Tips Travel Writing

Beberapa tips menulis cerita perjalanan, saya dapatkan dari https://twitter.com/@travelblogind Berikut tips-nya: Pertama, cari sudut pandang yang unik. Hal terpenting dalam membuat travel writing adalah cari sudut pandang menurut pendapat kita masing-masing. Jika tulisan kita mengambil sudut pandang yg sama dengan … Continue reading

Posted in Others | 1 Comment

Haruskah Disertasi Dibalas dengan Disertasi?

Awal bulan September (ceria?) ini sudah diawali dengan kegaduhan yang ditimbulkan oleh disertasi Bapak Abdul Aziz, Mahasiswa S3 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang menyatakan bahwa hubungan seks boleh dilakukan di luar ikatan pernikahan. Tidak lupa, dia juga menyertakan ayat-ayat al … Continue reading

Posted in Others | Tagged , | 2 Comments

Autumn In Indonesia

Kata ‘wisata’ hampir selalu menghadirkan imajinasi berupa tempat-tempat wisata alam terkenal yang jauh dari rumah dan membutuhkan biaya retribusi serta melibatkan persiapan logistik yang memadai demi menikmati wisata tersebut. Bahkan dalam salah satu indikator perekonomian yang diukur oleh Badan Pusat … Continue reading

Posted in Others, Weekly Photo Challenge | Tagged | 2 Comments

Bromo yang Selalu Punya Cerita

Bromo dengan segala kemasyurannya, telah mencuri hati hati saya sejak 2014 silam. Awalnya, tujuan saya ke Bromo hanya untuk sekedar menggugurkan pertanyaan “sudah pernah ke Bromo?” Namun ternyata Bromo benar-benar mencuri hati saya. Perjalanan ke Bromo selalu punya cerita. Selalu … Continue reading

Posted in Others | Tagged , | 2 Comments

Dilematis

Hidup ini memang penuh pilihan. Sederhananya bagai kode biner yang hanya terdiri dari “if” dan “else”. Akan tetapi implementasinya tak sesederhana itu. Implikasinya bahkan menghadirkan persimpangan yang penuh dengan dilema. Dalam hal menulis misalnya, atau hal lain tentang persepsi orang … Continue reading

Posted in Others | Tagged | 4 Comments

Launching D-Jewelry

Sejak SMA saya menyukai manik-manik, entah menyukai di bagian mananya. Kemudian sekitar akhir tahun 2011 saya ingin mencoba berbisnis manik-manik. Beberapa bahan dan peralatan saya beli di Surabaya. Namun sayang, tanpa alasan yang dapat dipertanggungjawabkan, saya meninggalkan bisnis yang baru … Continue reading

Posted in Others | Tagged , , | 2 Comments

Relatif

Relativitas adalah sesuatu yang absolut. Segala sesuatu akan bernilai berbeda dilihat dari sudut pandang yang berbeda. Macet. Siapa yang menyukainya? Hampir tidak ada. Namun ia sangat disukai para pedagang asongan. Karena macet, alhamdulillah mereka mendapat lebih banyak pembeli. Saya sendiri … Continue reading

Posted in Others | 3 Comments

Tabebuia

Tahun lalu, bulan Oktober, ketika saya melintasi jalan A. Yani, hendak ke stasiun, saya benar-benar takjub menyaksikan indahnya Tabebuia bermekaran seperti bunga Sakura di Jepang. Saya hanya bisa menjepret beberapa foto dan berencana melakukan pemotretan kembali setelah sampai di Surabaya. … Continue reading

Posted in Others | Tagged | 2 Comments

What is Mbolang?

Barang kali, kata ‘bolang’ populer sejak serial Bocah Petualang yang disingkat menjadi si bolang. Lalu entah bagaimana, istilah tersebut berevolusi dan terkenal menjadi mbolang. Iseng saya mencoba mencari di mesin pencari yang diyakini serba tahu, saya mendapat jawaban bahwa mbolang … Continue reading

Posted in Others | Tagged | 1 Comment

Dasar Anak Bungsu!

Yap betul, saya adalah anak bungsu. Yang mana jarak antara saya dengan saudara yang lahir sebelum saya adalah 15 tahun. Bungsu identik dengan manja, keras kepala, dan nggak mau kalah, betul tak? apa-apa yang dimaui bungsu ‘haruslah’ dipenuhi. Tapi tidak … Continue reading

Posted in Others | Tagged , | 3 Comments

Wanita yang tak Tahu Cara Membalas Pelukan

Dalam hidup saya, ada dua kali moment yang saya ingat, bahwa saya didera kerinduan yang begitu mendalam. Antara perasaan rindu bercampur dengan takut kehilangan. Kala itu, ibu dan ayah saya pergi mengejar kereta di mana tas saya tertinggal di dalamnya … Continue reading

Posted in Others | Tagged | 6 Comments

Dan Pada Akhirnya…

Dan pada akhirnya, segala sesuatu harus dibayar. Sakit ataupun indah itu adalah pilihan yang tersedia. Sebagiamana telah Allah warning-kan dalam Surat Al-Ma’idah Ayat 45: Dan Kami telah tetapkan terhadap mereka di dalamnya (At Taurat) bahwasanya jiwa (dibalas) dengan jiwa, mata … Continue reading

Posted in Others | Tagged | 1 Comment

Apa Kabar Rindu?

Apa kabar rindu? Sudah lama kita tak saling berbagi cerita. Bahkan sekedar saling sapa pun, kita terlupa. Apa kabar rindu? Lama kita tidak berjumpa. Meski hanya untuk saling mendengarkan suara. Tidakkah engkau juga merindukan saya? Apa kabar rindu? Apakah engkau … Continue reading

Posted in Others | Leave a comment

Menjadi Wanita (mu)

Entah. Perjumpaan denganmu adalah hal yang paling kuinginkan dalam hidupku. Terutama setelah aku belajar tentang cinta. Lalu akupun jatuh cinta padamu. Aku mencintaimu. Andai kata, aku bisa memilih, aku ingin terlahir di masa itu. Agar aku bisa bersamamu dan menjadi … Continue reading

Posted in Others | Leave a comment

Ketika…

Teknologi semakin canggih. Linier jumlah dengan produksinya. Bahkan lebih pesat dari bakteri mereplika diri. Kebutuhan alat komunikasi saat ini tidak lagi dalam katagori kebutuhan tersier. Terlepas, apakah itu yang dibutuhkan atau itu yang diinginkan. Sehingga, keterhubungan seseorang dengan dunia luar … Continue reading

Posted in Others | Tagged | Leave a comment

Dalam Hidup

Supaya tidak ada penyesalan. Supaya tidak ada luka. Supaya tidak ada lagi air mata. Supaya semua (terlihat) baik-baik saja. Untuk kesekian kalinya kukatakan pada diriku sendiri bahwa waktu akan menjadi obat bagi setiap luka. Entah dengan membuat kita lupa atau … Continue reading

Posted in Others | Leave a comment

Sudah Lama

Sudah lama saya tidak nonton drama Korea. Tidaaaaak! 😜🤦‍♀️ Prolog yang sangat tidak bermutu. Haha Epilog: sudah lama saya tidak mbolang juga. ☹☹ Dan yang paling menyebalkan saya tidak juga menghasilkan karya. Padahal saya sudah menjadi member penulis warga Seruji. Tulisan saya … Continue reading

Posted in Others | Tagged | Leave a comment

Pusing

Entah kenapa tiba-tiba kepala saya pusing dan terasa cekot-cekot. Tepatnya selepas membaca pesan whatsapp dari seseorang. Ah, bolehlah sesekali (padahal udah berkali-kali 🤦‍♀️) saya mau tjurhat tentang perasaan saya saat ini. 🤣🤣🤣 Bagaimana tidak galau setelah baca ini? Bagaimana nasib anak … Continue reading

Posted in Others | Tagged | 4 Comments

Orang Normal

Sejak kemunculan facebook menjadi semacam primadona di dunia sosial media dan tetap digemari hingga saat ini, walaupun telah bermunculan berbagai jenis sosial media, saya adalah orang yang tidak pernah membuat dan memiliki akun di lapak facebook. Keren sekali khan? ^^, … Continue reading

Posted in Others | Tagged | 1 Comment

Demi Waktu

Demi masa, sesungguhnya aku berada dalam kerugian. 😭😭😭😭😭😭😭😭 Waktu berlalu dengan cepatnya, sampai-sampai saya tidak bisa menulis di Portal Seruji lebih dari dua minggu. hiks

Posted in Others | Leave a comment

Tulisan Segmental

Suatu hari, saya menulis sebuah tulisan di sebuah kanal milik portal kantor berita umat seruji.co.id. Lalu saya share ke teman-teman. Salah satu teman saya berkomentar: tulisanmu segmental. Saya hanya membalas dengan ikon senyum saja dan tidak mempermasalahkan. Saya tidak mau … Continue reading

Posted in Others | Leave a comment

Utopia Share Syndrome

Keren sekali khan judulnya? Apa itu Utopia Share Syndrome? Penyakit apakah gerangan? Yang jelas itu adalah “penyakit” kekinian netizen jaman now. Seperti apakah? Selengkapnya simak di [sini]. 🙂 Cheers ^_^ Dyah Sujiati

Posted in Others | Tagged | Leave a comment

Foto yang Menampar Kesadaran

Seorang yang misterius (?) Pernah memberi saya sebuah film. Film itu menceritakan tentang seorang jurnalis yang meliput daerah konflik.  Dia melihat seorang anak kecil lari yang dikejar oleh tentara penjajah. Hingga akhirnya gadis kecil itu tertembak tepat di jidatnya. Momen … Continue reading

Posted in Hikmah, Others | Tagged | 1 Comment

Jahat Jahat Jahat

Ya ampun judulnya alay banget ya. Tadinya sih mau bikin judul seperti ini “Menjadi Jahat dengan Sebenar-benarnya Jahat” tapi nggak jadi karena kurang alay. 😱 Entah sejak kapan tepatnya saya menjadi jahat sejahat ini. Kayaknya sih udah dari dulu semenjak … Continue reading

Posted in Others | Leave a comment

4 Cara Mengenali Seseorang dari Akun Sosial Media Miliknya

1. Cara penulisan kata2 2. Cara berkomunikasi dengan orang lain (bahasa) 3. Perilaku bersosmed. Apa aja yg diupload. Membaca eksistensi dan pengakuan yg diharapkan dan diperoleh. 4. Bagaimana caranya mengungkapkan pendapat. Ini bisa jadi bagus secara tertulis, tapi kurang secara … Continue reading

Posted in Others | Tagged | Leave a comment

Sama-Sama Kangen

Daripada blog ini kering kerontang kesepian, baiknya sesekali saya mengisinya. Meskipun apa yang akan saya isikan pada akhirnya adalah sesuatu yang tidak bermutu apalagi berguna. Ah betapa. Hanya untuk semacam formalitas, bahwa penghuninya belum lupa username dan password lapak ini. … Continue reading

Posted in Others | Tagged | 1 Comment

Memilih Kematian

Untuk kesekian kalinya, jarak kematian dengan dunia seakan kurang dari satu tahun cahaya. Pernah dulu terjadi. Saat hendak melintasi perlintasan kereta api, saya dengar alarm bunyi. Maka saya memilih untuk mengerem dan berhenti mempersilahkan kereta melintas. Namun ternyata, mobil di … Continue reading

Posted in Others | 1 Comment

Never Far Away | Stay With Me

Setelah sekian lama saya tidak nonton film Korea, akhirnya kemarin sempat menonton. Ahaha. Ini tulisan pasti sangat tidak penting untuk dibaca. Hal yang selalu membuat saya takjub adalah opening drama-drama Korea itu selalu terkesan megah. Seperti di film Goblin, dibuka … Continue reading

Posted in Others | 5 Comments

Apa, Itu

Suatu hari di sebuah chat room dengan seorang teman. Sebut namanya Maya. Dy: apa? Maya: itu Dy: apaa? Maya: ituu Dy: apaaa? Maya: ituuu Entah sampai berapa waktu itu. Sampai … Dy: mau sampai kapan kayak gini? ayolah mbak dijawab… … Continue reading

Posted in Others | 1 Comment

Tapi Kangen Lagi

Sy akui, literacy sedang buruk. Banyak yang ingin saya ungkapkan perihal rindu dan kerinduan. Tapi entahlah, saya seperti tidak mampu berkata-kata. 😦  Sepertinya saya harus memulai hidup dengan baik. Mulai membaca buku lagi. Semoga ini bukan omdo. Amin.​ Ket. gambar: … Continue reading

Posted in Others | Leave a comment

Stand by Me

When we let something –or someone– go, it doesn’t mean we lose it. Its mean we give space for something –or someone– better to come filling the hole. Even though there is any space remains in your heart would like … Continue reading

Posted in Others | Tagged | 2 Comments

Memburu Sunset

Hi there! Long time no see. Long time sok-busy. Because everything was going crazy. Ahaha. Saya doakan semoga segenap pembaca yang budiman senantiasa dalam rahmat dan lindungan-Nya. Amin. Tumben banget khan saya baik hati begini? 🙊 Seperti biasa saya akan … Continue reading

Posted in Others | Tagged | 5 Comments

Last Minute Person [2]

Dulu, ketika jaman kuliah, misalkan ada tugas yang diberikan pada hari Jumat dan diminta untuk dikumpulkan pada hari Jumat depan, artinya ada rentang waktu seminggu untuk mengerjakan, maka saya akan mengerjakan tugas tersebut paling cepat di hari Kamis. Itupun sangat … Continue reading

Posted in Others | Tagged | 9 Comments

Last Minute Person

Akhirnya, sampailah aku pada momen ini. Saat-saat saya ‘harus’ merasa sedih. Jika tidak, barangkali akan ada pertanyaan “Apakah saya masih normal?” (lho?) People come and go, people stay and leave. And they always leave some memories. Yeah, finally Mbak Maya … Continue reading

Posted in Others | Tagged , , | 5 Comments

Lupa

Ada hal yang begitu mendasar yang tetiba saya lupakan begitu saja. Lupa dengan sebenar-benarnya lupa. Hingga saya keder seperti orang gila. Haha. Dan semuanya berakhir begitu saya sadar bahwa saya sedang lupa. Iya, lupa. Lupa telah merubah saya. Mengganggu konsentrasi … Continue reading

Posted in Others | 8 Comments

Describe

Waktu cepat sekali berlalu. Ramadhan telah terlewati lima hari. Rasanya belum dapat apa-apa. Sebenarnya kemarin bikin kesepakatan target ramadhan bersama teman-teman. Saya dengan percaya diri menuliskan salah satu target saya adalah menulis minimal lima artikel ghazwul fikri. (Lha temen-temen saya … Continue reading

Posted in Others | 2 Comments

Mata

Kulihat dia di antara tawa renyah orang-orang di sekelilingnya. Tapi senyumnya tipis. Hanya nampak macam formalitas untuk menyenangkan hati orang-orang yang berada di dekatnya. Meski aku agak terkejut kala kulihat tatapan matanya yang tegas. Bagaimana dia bisa menghibur orang? Kulihat … Continue reading

Posted in Others | 2 Comments

Aku Padamu

Yeeeeay! Hari ini 4 April 2016. Kalau ditulis format begini 4/4/16 akan menjadi tanggal yg cantik. Nggak pernah ada yang menyebut tanggal ganteng ya? (?) Okey abaikan saja. Baru di awal bulan saya sudah memposting tulisan. Apakah ini pertanda baik? … Continue reading

Posted in Others | 14 Comments

Pola

Tidak se-ekstrim ini sih. Tapi polanya mirip-mirip lah. XD JIL : percayalah, kami adalah orang-orang progresif dan moderat yang teramat menghargai perbedaan pendapat. 🐰: Saya tidak sependapat dengan kalian. JIL: Pekok lu! Intoleran! Tukang fitnah! Dasar onta arab, sapi australi, … Continue reading

Posted in Others | Tagged | 2 Comments

If I Get Hurt, Who

If I get hurt, will you heal my wounds? Continue reading

Posted in Others | 1 Comment

Senja Yang Selalu Mengesankan

Bahagia itu sederhana, anonim Saya sering sekali membaca frase tersebut. Namun, bisa jadi kebahagiaan adalah hal yang sangat relatif bagi setiap orang. Bergantung pada satu variabel: bagaimana seseorang memandang arti kebahagiaan. (lah iya! XD ) Saya, bisa sudah sangat bahagia … Continue reading

Posted in Others | 6 Comments